Anak Hobi Bermain Gadget Rentan Alami Gangguan Tidur dan ,

Posted on

Melihat anak kecil lihai memakai gadget, kini tampaknya bukan pemandangan yang aneh. Pasalnya, tak sedikit orangtua yang telah mengenalkan gadget pada anak mereka, bahkan sebelum usia satu tahun.

Penelitian ini melibatkan 367 anak-anak prasekolah di Singapura berusia dua hingga lima tahun yang memiliki gangguan perkembangan saraf seperti autisme, keterlambatan bahasa, keterlambatan perkembangan global, dan gangguan belajar.

Hasilnya menunjukkan, lebih dari 70% anak yang memiliki masalah tidur, dan hampir 60% memiliki kesulitan mengontrol emosi atau perilaku.

Singkatnya, anak-anak yang banyak menghabiskan waktu bermain gadget mengalami mimpi buruk, sulit tidur dan sebagainya. Ini menyebabkan mereka mengalami kesulitan emosional dan perilaku, seperti amarah, hiperaktif, dan ketidakmampuan untuk fokus.

Tim peneliti juga menemukan bahwa anak-anak yang terpapar gaya hidup – bermain gadget dan perangkat elektronik

Gadget

Faktor gaya hidup. Ini, ”kata penulis studi Dr. May Wong.

Menurutnya, meski studi ini mengamati anak-anak dengan gangguan neurologis, hasilnya valid untuk populasi umum dan bukti studi anak-anak.

“Hasilnya relevan dengan populasi umum karena mereka mendukung bukti yang ada bahwa kebiasaan buruk bermain gadget dan kebiasaan tidur menyebabkan efek negatif pada anak-anak,” sambungnya.

Efek Penggunaan Gadget Bagi Anak-Anak

Terlepas dari peran orang tua, lingkungan juga punya pengaruh terhadap besar pula, ketika anak pada usianya juga menggunakan gaddget maka dia juga menginginkan untuk menggunakannya juga.

Oleh karna itu akan sangat baik ketika anak jangan terlebih dahulu untuk dikenalkan gadget.

Gadget memanglah sangat bermanfaat bagi kehidupan kita saat ini, dari itu kita bisa mengetahui banyak pengetahuan baru. Tapi jika terlalu sering menggunakan akan menimbulkan berbagai dampak negatif bagi diri kita sendiri. Maka dari itu kita haruslah bijak dalam menggunakan gadget sebagaimana mestinya, agar kedepannya tidak merugikan kita sendiri.

Hal ini erat kaitannya dengan peran orang tua dalam mengontrol anaknya dalam penggunaan itu sendiri. orangtua dapat membuat pola dan aturan tentang penerapan penggunaan nya.

Mulai dari mengurangi waktu bermain satu jam dalam sehari, hingga anak bisa hidup tanpa cemas walau tidak memegang nya dalam sehari.

Selain itu orang tua juga dapat mengalihkan perhatian anak terhadap gadget dengan cara memberikan banyak kegiatan yang menyenangkan.

Mulai dari permainan tradisional, bernyanyi, menari, teater dan berkegiatan di luar ruangan ataupun dengan melakukan apa yang menjadi hobi anak mereka,

Gadget memanglah sangat bermanfaat bagi kehidupan kita saat ini, dari nya kita bisa mengetahui banyak pengetahuan baru. Tapi jika terlalu sering menggunakan akan menimbulkan berbagai dampak negatif bagi diri kita sendiri. Maka dari itu kita haruslah bijak dalam menggunakan nya sebagaimana mestinya, agar kedepannya tidak merugikan kita sendiri.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *