IPhone 12 mini akan dipangkas Produksinya oleh Apple

Posted on

iPhone 12 Mini punya performa yang kurang bagus di luar ekspektasi Apple dari segi penjualannya. Baru-baru ini sebuah laporan menyatakan kalau perusahaan ini bakal mengurangi rencana produksi ponselnya itu.

Melansir NDTV, perusahaan teknologi raksasa yang berbasis di Cupertino ini mengurangi sekitar 20 persen pesanan untuk semua model iPhone. Tentunya, sebagian besar untuk iPhone 12 Mini.

Ponsel lainnya dalam seri iPhone 12 punya kinerja yang cukup baik dari segi penjualan. Bahkan, kabarnya penjualan iPhone 12 sudah mengungguli penjualan model terdahulunya, iPhone 11. Sebuah laporan dari Nikkei menyatakan kalau Apple kini menargetkan produksi 75 juta unit iPhone, lebih rendah dari rencana awalnya sebanyak 80 sampai 90 unit. Alasan Apple mengurangi produksi sebelum pertengahan tahun ini adalah angka penjualan yang ‘mengecewakan’.

Kabar tentang kurang bersinarnya ponsel ‘Mini’ ini sudah beredar sejak paruh pertama Januari 2021. Menurut data penjualan Amerika Serikat dari Counterpoint Research, penjualan hp kecil ini hanya mencakup 5 persen dari seluruh varian iPhone 12 .

iPhone 12 Mini

Orang lebih suka HP yang lebih besar

Mengutip CNBC, iPhone 12 Mini tidak terjual sesuai target karena konsumen lebih memilih device iPhone 12 yang lebih besar, bahkan banyak juga yang lebih memilih untuk membeli iPhone 11 yang terdahulu. Konsumen kini beralih ke smartphone yang ukurannya lebih besar karena layarnya yang lebih lapang.

Kabarnya, Apple telah meminta beberapa suppliers-nya untuk memberhentikan proses pembuatan komponen iPhone cilik ini. Karena permintaannya yang lemah, rantai suplai mungkin akan menghentikan produksinya di kuartal II 2021.

Berhentinya produksi lebih disebabkan oleh stoknya yang Apple anggap sudah ‘cukup memadai’ sehingga tidak perlu produksi lagi.

Sehingga ketika iPhone benar-benar menghilangkan port lightning, pengguna sudah tidak kaget.

Dengan kurangnya port tentu membuat ketahanan akan air bisa meningkat lagi. Tapi port lightning selama ini tidak sekadar untuk isi ulang, dipakai juga untuk koneksi data ke PC atau Mac.

Apple mungkin sudah menyadari permasalahan tersebut dan menyiapkan solusinya. Seperti apa kita tunggu saja September mendatang, kabarnya di bulan tersebut Apple akan merilis iPhone 13, bukan Oktober seperti tahun lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *