Nissan Terra 2021 Terancam Batal Masuk Indonesia

Posted on

Setelah sekitar 2 tahun kemunculannya, di penghujung tahun ini Nissan Terra dapat facelift juga. Tapi sayang, peluncuran perdananya bukan di Asia Tenggara melainkan Timur Tengah. Namanya juga berganti jadi X-TERRA, bukan Terra seperti versi Indonesia. 

Secara penampilan, sosok X-TERRA ini semakin menarik dan pastinya jadi lawan berat Toyota Fortuner. Namun, penjualan Nissan Indonesia yang semakin lesu selama beberapa waktu terakhir membuat peluncuran Nissan Terra 2021 bisa tertunda atau bahkan tidak masuk sini. 

Secara keseluruhan, desain eksteriornya jadi jauh lebih gagah dibanding sebelumnya. X-TERRA makin macho dengan gril V-Motion yang lebih besar. Ubahan desain lainnya yaitu X-TERRA memakai Quad LED headlamp, desain pelek dual tone baru, dan LED rearlamp.

Interior juga diubah total oleh Nissan. Desain dashboardnya kini nggak sama dengan Navara, sehingga memiliki kesan lebih mewah. Setirnya juga khas Nissan kekinian berdesain flat-bottom. 

Masih seperti yang dulu, fitur second row seat release switch tetap jadi andalan di Nissan X-TERRA. Untuk versi Timur Tengah ini interiornya bewarna beige yang kasih kesan lega.

Nissan X-TERRA jadi SUV yang semakin nyaman di sisi kabin. Fitur hiburan mengandalkan head unit 9 inci dengan Nissan Connect, Android Auto, dan Apple Carplay, Intelligent Rear View Mirror.

Fitur safety-nya juga bertambah banyak, selain Around View Monitor, Blind Spot Warning dan Lane Departure Warning, juga tersedia Intelligent Emergency Braking, Intelligent Foward Collision Warning, Rear Cross Traffic Alert, dan Intelligent Driver Alertness.

Nissan Terra

Nissan Terra 2021 Terancam Batal Masuk Indonesia

Menganut konsep ‘Stylish and Confidence’, secara umum desain eksterior Toyota Fortuner generasi kedua terlihat jauh lebih berkelas.

Desain lampu utama hingga housing fog lampnya juga baru. Kini Toyota Fortuner facelift sudah menggunakan lampu LED dengan proyektor lengkap dengan desain daytime running light (DRL) sequential baru.

Unsur hiburan di dalam kabin juga terakomodir dengan head unit layar sentuh 8 inci yang dapat memutar MP3, radio, USB, DVD, serta Miracast, hadir juga pengaturan AC digital dengan fitur auto climate control.

Sentuhan kemewahan begitu terasa ketika masuk ke dalam kabin New Fortuner. Kecuali tipe G yang memakai bahan fabric warna dark grey, model lain menggunakan bahan kulit hitam sehingga terkesan premium. 

Sentuhan modern pada area kokpit ini meningkatkan antusiasme pengemudi saat berada di balik kemudi.

Tidak hanya mewah, New Fortuner dilengkapi pula dengan fitur yang memanjakan penumpang.

Menjadi yang pertama di segmen High SUV, terdapat fitur wireless charger yang memberikan kemudahan isi ulang baterai smartphone tanpa kabel.

Fitur lainnya yaitu Front Seat Power Adjuster, untuk mengubah posisi duduk bangku depan secara otomatis. Kursi elektrik ini adalah simbol identitas mobil mahal.

Kesimpulan

Melalui Terra, Nissan berusaha memenuhi permintaan pasar, khususnya Asia Tenggara yang mulai tertarik dengan mobil bertipe SUV berukuran menengah dan mobil baru lain pada umumnya.

Sayangnya, nama Nissan kini meredup sehingga membuat penjualan Terra kalah laris daripada dua rivalnya tadi. Melihat kondisi ini, kami pun pesimis kalau Nissan Terra 2021 akan hadir meramaikan segmen SUV.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *