Akan Hadir Ponsel Pertama di Dunia dengan Kamera 192 MP

Posted on

Perang megapiksel terjadi dalam beberapa tahun terakhir, dilihat dari berbagai produsen smartphone menghadirkan kamera 48MP, 64MP, dan 108MP pada perangkat mereka. Tapi sepertinya mereka masih belum puas dengan resolusi ini, dengan rumor akan hadirnya ponsel pintar dengan sensor kamera 192 MP.

Kamera 192 MP akan hadir meramaikan per handphonan di tanah air Perlombaan resolusi megapiksel (MP) pada kamera smartphone sudah dimulai sejak tahun lalu. Kabarn terbaru bulan depan bakal hadir handphone dengan kamera hampir 200 MP.

Sebelumnya, perusahaan terkemuka dalam industri smartphone seperti Samsung dan Apple telah menghentikan “perang megapiksel” sehingga komposisi sensor kamera 12 MP bertahan dalam waktu cukup lama.

Sekarang perang ini berlanjut, terutama di antara para produsen China.

Untuk diketahui, segmen handphone flagship pernah menghentikan perang megapiksel dengan memilih kamera 12 atau 16 MP pada perangkat untuk waktu yang lama.

Kamera 192 MP

Tetapi dua tahun terakhir muncul beberapa pabrikan yang mengusung resolusi 32 MP, 48 MP, dan akhirnya 64 MP

sehingga menyalakan kembali “perang” tersebut.

Tahun ini Samsung dan Xiaomi menaikkan standar perang megapiksel ke titik yang sama sekali berbeda. Ponsel unggulan mereka telah beredar di pasaran dengan kamera 108 MP.

Wow, Akan Datang Ponsel dengan Kamera 192 MP

Samsung dan Xiaomi saat ini berada di garis depan kompetisi kamera resolusi tinggi. Namun, klaim baru menunjukkan ada handphone terbaru yang akan menantang kamera flagship keduanya pada bulan depan.

Melansir laman Giz China, Digital Chat Station dalam akun Weibo-nya mengungkap bakal ada smartphone berkamera

192 MP pada bulan depan (Mei 2020).

Snapdragon 765 secara teknis mendukung kamera 192 MP. Namun, sejauh ini industri belum melihat contoh kamera seperti itu.

Siapa yang Bakal Merilis Ponsel Berkamera 192 MP?
Meskipun klaim menyajikan keberadaan ponsel, belum ada indikasi perusahaan mana yang akan mengungkapnya ke permukaan.

Keduanya memiliki kamera dan dapat mengambil gambar, namun ada perbedaan mendasar antara kedua model tersebut. Samsung SCH-V200 memiliki modul kamera yang terpasang di bagian belakang ponsel dengan kamera 0.35MP dan dapat menangkap 20 foto. Namun, untuk berbagi foto, Anda harus menghubungkannya ke komputer Anda. 
Samsung memiliki desain setengah terintegrasi yaitu modul kamera berbagi casing dan baterai yang sama tetapi tidak terhubung ke telepon secara fungsional.
Ponsel kamera pertama sebenarnya adalah besutan dari pabrikan Jepang yang berbeda, yakni Kyocera. Ponsel tersebut adalah VP-210Visual Phone yang merupakan ponsel kamera pertama di dunia.
Menariknya adalah bahwa ia memiliki kamera menghadap ke depan, mirip dengan yang kita miliki saat ini untuk selfie.Ponsel Kyocera VP-210 hadir dengan layar warna TFT dengan ukuran 2 inci dengan resolusi kamera 110.000 piksel atau 0,11MP. Tidak mengherankan jika harganya terbilang mahal yakni $ 335 pada tahun 1999. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *